Chat with us, powered by LiveChat
Sepakbola

Timnas Rusia Bisa Tampil di Piala Dunia 2022, tapi

single-image

Tim nasional Rusia diizinkan tampil di Piala Dunia 2022, meski disanksi larangan pada ajang olahraga internasional. Mereka wajib turun mewakili bendera netral.

Badan Anti-Doping Dunia (WADA) sebelumnya memutuskan larangan Rusia berlaga di acara olahraga internasional pada pertemuan komite eksekutif di Lausenne, Swiss, Senin (9/12/2019). Negeri Beruang Merah itu dijatuhi sanksi dilarang tampil selama empat tahun.

Hal itu lantaran otoritas Rusia dilaporkan ber-kongkalikong membantu menutupi penyalahgunaan doping atlet melalui badan anti-doping negara, Rusada. Bekas negeri pecahan Uni Soviet itu diketahui memanipulasi data laboratorium yang diserahkan ke penyelidik pada Januari 2019.

Akibat sanksi tersebut, negara yang dipimpin Vladimir Putin itu terancam absen dalam berbagai turnamen olahraga seperti Olimpiade Tokyo 2020, serta Piala Dunia 2022 di Qatar. Meski demikian, Rusia masih diperbolehkan berlaga di Piala Eropa 2020 lantaran gelaran tersebut tidak masuk ajang internasional.

Walau negaranya mendapat sanksi larangan tampil, tetapi timnas Rusia masih bisa bermain andai mereka lolos ke Piala Dunia 2022. Nantinya, mereka tidak diizinkan mewakili negaranya, melainkan menjadi representasi tim netral.

“FIFA yang akan melaksanakan mekanisme tersebut, tetapi mereka harus melakukannya bersama WADA. Meski demikian, tidak akan ada bendera atau lagu kebangsaan,” Taylor menambahkan.

Juru bicara dari FIFA mengatakan, induk sepakbola dunia itu telah meminta WADA dan Asosiasi Federasi Internasional Olimpiade Musim Panas (ASOIF) untuk mengklarifikasi bagaimana larangan empat tahun tersebut memengaruhi tim sepakbola Rusia. Sementara badan sepakbola Eropa, UEFA, tidak berkomentar soal kasus ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like