Chat with us, powered by LiveChat
Basket

Piala Dunia Basket 2019, Prestasi Terburuk Amerika Serikat

single-image

Tim Amerika Serikat mencatat sejarah terburuk sepanjang keikutsertaan di Piala Dunia Basket. Dalam Piala Dunia Basket 2019, tim nasional bola basket AS selaku juara bertahan kandas di perempat final, Selasa (11/9/2019).

Diperkuat sejumlah bintang NBA, Donovan Mitchell dkk takluk 79-89 dari Perancis sehingga gagal melangkah ke semifinal. Dalam pertandingan penentuan posisi ke-5 hingga ke-8 Kejuaraan Dunia 2019, tim AS berhadapan dengan Serbia, Kamis (12/9/2019).

Nahas bagi tim AS. Mereka kalah dari Serbia dengan skor 89-94 di Dongfeng Nissan Culturan and Sports Centre, Dongguan, China. Dengan kekalahan tersebut, anak-anak asuhan Gregg Popovich hanya bisa bertarung memperebutkan posisi ke-7 dan ke-8 pada Kejuaraan Dunia Basket 2019.

Prestasi terburuk AS sebelumnya pada kejuaraan dunia adalah posisi ke-5, salah satunya dalam penyelenggaraan tahun 2002. Uniknya, ketika itu AS dilatih oleh George Karl dengan Gregg Popovich sebagai asistennya. “Kami telah berjuang semampu kami dengan penuh komitmen,” kata salah satu pemain, Harrison Barnes, kepada NBC.

“Namun, bisa jadi, (kegagalan) ini menjadi kali terakhir kami mengenakan seragam timnas AS,” tutur pemain Sacramento Kings itu. Kegagalan ini menjadi lampu kuning bagi tim AS jelang menghadapi Olimpiade 2020 di Tokyo.

Bisa jadi, sejumlah bintang utama yang absen di Piala Dunia 2019 seperti LeBron James dan Stephen Curry, akan tampil pada Olimpiade Tokyo. Jadwal tim AS berikutnya adalah perebutan tempat ke-7 melawan Polandia pada Sabtu (14/9/2019). Beberapa jam setelah itu, diadakan pertandingan perebutan posisi kelima antara Serbia dan Rep Ceko.

Jumat (13/9/2019), diadakan babak semifinal antara Spanyol vs Australia dan Argentina vs Perancis. Laga perebutan tempat ketiga dan final akan diselenggarakan pada Minggu (15/9/2019). Amerika Serikat dan Yugoslavia merupakan negara yang paling sering menjadi juara dunia basket, lima kali. Indonesia, Jepang, dan Filipina akan menjadi tuan rumah berikutnya kejuaraan dunia basket pada 2023.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may also like